Review Nintendo switch, konsol terbaru Nintendo yang kekinian

Assalamualaikum wr.wb..
Ini adalah artikel kedua blog ini. Dan merupakan artikel di awal 2017. Maaf sebelumnya jika penulis tidak update lagi. Dikarenakan tugas sekolah yang selalu bertambah. Dan kali ini penulis sempatkan untuk membuat artikel baru . Oh iya, beberapa minggu yang lalu, Nintendo baru saja merilis konsol barunya. tetapi sebelum masuk ke artikel, apa itu Nintendo? 

Nintendo adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Fusajiro yamauchi pada 23 September 1889 yang berbasis di Kyoto, Jepang.
Dahulu, Nintendo hanyalah sebuah perusahaan yang memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda. Saat abad pertengahan ke-20, Nintendo mencoba bisnis baru dengan membuat sebuah perusahaan taksi dan penginapan. Setelah menjelang beberapa tahun dari bisnis perusaan taksi dan penginapan, akhirnya Nintendo mencoba bisnis video games dan populer hingga saat ini.

Di Indonesia, kehadiran Nintendo pada tahun 1900-an cukup fenomenal. Kala itu terdapat konsol Nintendo bernama Game boy yang hadir ke Indonesia. Game boy memiliki beberapa game yang sangat menarik kala itu, salah satunya adalah "Mario bros" yang saat ini kembali game ini menjadi viral karena hadir di iOS dan Android.

Tak sampai disitu, Kesuksesan Nintendo masih tetap eksis hingga sekarang. Bahkan, pada tanggal 12 Januari 2017 lalu, Nintendo memperkenalkan konsol barunya yang bernama "Nintendo Switch" Pada acara "Nintendo Switch presentation" di Tokyo.

Dan kabar baiknya, Nintendo Switch hadir di Indonesia secara resmi. Bagaimana bentuk dari Nintendo switch?
Berikut adalah tampilan dari Nintendo switch :

Apa saja yang akan kamu dapatkan saat membeli Nintendo switch?
Saat penulis mengunjungi website resmi Nintendo penulis dapat mengutip, Jika kamu membeli Nintendo switch.
Kamu akan mendapatkan :
1x Nintendo switch
1x Nintendo switch Dock
2x Joy-con controller (left and right)
1x Joy-con grip
2x Joy-con strap
1x HDMI cable
1x Nintendo switch AC adapter
Selain itu kamu juga akan mendapatkan 2 buah bundling game saat membeli Nintendo switch, Yaitu :
Legend of zelda,

dan
1-2-Switch

Bagaimana spesifikasi atau jeroan dari Nintendo switch?
Pada sisi prosesor, Nintendo switch dibekali dengan Nvidia Tegra X1.
Untuk performanya, Nvidia mengkalim bahwa Tegra X1 adalah prosesor tercanggih yang pernah mereka buat.
Berikut kutipan yang penulis dapatkan melalui website resmi NVIDIA :
The new Tegra X1 is the most advanced mobile processor we've ever created. Powerful new NVIDIA Maxwell™ architecture, 256 GPU cores, multi-core 64-bit CPUs, unbeatable 4K video capabilities, and more power-efficient performance than its predecessor make it perfect for even the most challenging mobile and automotive applications.
See more at: http://www.nvidia.com/object/tegra-x1-processor.html
untuk urusan layar,
Nintendo switch memiliki layar sebesar 6,2 inci dengan resolusi 720p. Meskipun belum full HD, tetapi layar yang dihasilkan pada Nintendo switch sudah cukup untuk memuaskan mata.
Berbeda dengan Playstation 4 dan Xbox one yang menggunakan kepingan bluray untuk memainkan gamenya. Pada Nintendo switch kamu harus menggunakan game card untuk memasukkan dan memainkan gamenya.
Controllernya
Nintendo switch menggunakan controller yang dinamakan "Joy-con".
Joy-con pada Nintendo switch dapat dilepas pasang. Terdapat pula Joy-con grip, Sehingga kamu dapat memainkan Nintendo switch seperti ini,
Baterai, No problem!
Nintendo switch memiliki kapasitas baterai 4310mAh. Dari hasil pencarian penulis di Google, Penggunaan baterai pada Nintendo switch dapat bertahan selama 6 jam dalam sekali pengisian.
Untuk memori pada Nintendo switch memiliki ukuran sebesar 32GB. Dan memori tersebut dapat ditambah dengan Micro SDHC atau Micro SDXC hingga 2TB.

Beberapa keunggulan Nintendo switch,
1. Portable
Sesuai dengan namanya, Nintendo mengatakan pada video introducingnya "Now you can switch and play".
Kamu dapat memainkan dengan dock lalu menghubungkan dengan tv. Atau menghubungkan Joy-con dengan Joy-con grip. Dan terakhir kamu bisa memainkan Nintendo switch dengan menggabungkan kedua Joy-con pada unit Nintendo switchnya.

2. Region locking
Berbeda dengan konsol Nintendo 3DS dan wii u. Saat persentasi yang dilaksanakan Nintendo switch pada acara "Nintendo Switch presentation". Mereka mengatakan bahwa Nintendo tidak akan menggunakan region lock pada konsol Nintendo switch. Alhasil, kamu dapat membeli game dari region manapun.

3. Parental control
Parental control berfungsi untuk mengatur waktu dan melihat game apa yang sedang dimainkan di Nintendo witch, dan sebagainya..
Salah satu Fitur yang terdapat pada aplikasi parental control adalah Time limits.
Time limits adalah batas dari waktu penggunaan Nintendo switch. Sebelum mengaktifkan time limits, Kamu dapat mengatur berapa lama waktu yang ingin kamu setting untuk bermain Nintendo switch. Misalnya 30 menit, atau 45 menit, ataupun 1 Jam. dan sebagainya..
Untuk penjelasan lebih lengkap dan beberapa fungsi dari parental control Nintendo switch. Silahkan Kamu play video dibawah ini.
4. Dapat dimainkan secara online
Dengan bermain secara online kamu dapat mengajak oranglain bermain bersama kamu atau kamu juga dapat bermain secara multiplayer dengan teman kamu.

Well, meskipun keunggulan dari Nintendo switch cukup banyak. Tetapi Nintendo switch juga memiliki beberapa Kelemahan. Diantaranya,

1. Game yang masih sedikit
Karena Nintendo switch merupakan konsol yang masih baru. Game yang tersedia masih sangat sedikit. Bahkan, saat penulis membuat artikel ini, Game yang tersedia untuk Nintendo switch hanya berjumlah ± 30 game saja. (termasuk the legend of zelda, dan 1-2 switch)

2. Harga Nintendo switch cukup mahal
Yup, bila kita bandingkan harga dengan PS4 dan Xbox One. Nintendo switch memiliki perbandingan harga tidak terlalu signifikandengan para kompetitornya. Saat penulis membuat artikel ini. Harga Playstation 4, Xbox one, dan Nintendo switch yang penulis dapatkan dari Tokopedia adalah sbb :
Nintendo switch : Rp 5.299.000 - Rp 6.950.000
 Klik untuk memperbesar
Playstation 4 Slim : Rp 3.350.000,00 - Rp 4.050.000,00
 Klik untuk memperbesar
Xbox one : Rp 4.000.000,00 - Rp 9.350.000,00


Berapakah harga sebuah game Nintendo switch?
Untuk harga gamenya, kamu dapat mengecek di website resmi Nintendo switch disini :
http://www.nintendo.com/games/game-guide?pv=true#filter/switch|-|-|-|-|-|-|-|-|-|-|-|-|-|featured|des|-|-
Ingin membeli Nintendo switch?
Jika kamu berniat untuk membeli Nintendo switch. Kamu dapat mencarinya di online shop ataupun offline. Salah satu online shop yang menjual Nintendo switch adalah Tokopedia.

Kesimpulan
Memang, harga yang ditawarkan oleh Nintendo kurang bersahabat. Tetapi,
Nintendo switch adalah konsol untuk kamu yang ingin kemudahan dan gameplay yang apik, ia mencoba menawarkan kamu untuk lebih kekinian dan membuat kamu dapat bermain bersama kerabat ataupun pasangan.
Dan, jika kamu tidak mempermasalahkan jumlah game dan harga dari Nintendo switch itu sendiri, maka konsol ini cocok untuk mengisi hari-hari mu.

Jika kamu memiliki saran dan kritik mengenai artikel ini, silahkan komentar di kolom komentar bawah ya.
Terima kasih telah berkunjung dan Sampai berjumpa kembali.
Have a nice day ^_^

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Review Nintendo switch, konsol terbaru Nintendo yang kekinian"

  1. Yahh mahal, pas lagi nabung buat beli DSLR lagi. ane stay sama PC ane aja dah T_T

    BalasHapus
  2. masih kerenan playstation gan

    BalasHapus
  3. Jadi bingung milih mana, antara HH sama nintendo :(

    BalasHapus
  4. wow... keren banget yaa... keren.. pengen beli...hahahhh

    BalasHapus
  5. Mahal euy,,, lagi nabung buat perpnjang domain,,, kapan2 aja dh beli nintendo'a...

    BalasHapus
  6. kl denger Nintendo pasti ingetnya Mario Bross. Tapi di Indo Nintendo versi terbaru kurang minatnya ya

    BalasHapus
  7. nice artikel gan! lanjutkan

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel di Fauzanpost :)
Jangan lupa untuk meninggalkan komentarmu disini :D